Saturday 17 October 2015

Penetapan Tujuan Periklanan

   
   Penetapan tujuan periklanan harus berdasarkan keputusan keputusan sebelumnya mengenai pasar sasaran, penentuan posisi pasar, dan bauran pemasaran. Setealah sasaran pasar, strategi penentuan posisi, dan bauran pemasaran jelas, baru ditetapkan tujuan perikanan.Tujuan periklanan dapat digolongkan menurut sasarannya, yakni memberi informasi, persuasi, mengingatkan para pembeli, menambah nilai, dan membantu aktifitas lain perusahaan.

     Iklan Informatif bertujuan membentuk permintaan pertama dengan memberitahukan kepada pasar tentang produk baru, mengusulkan kegunaan baru suatu produk, memberitahukan tentang perubahan harga, menjelaskan cara kerja suatu produk, menjelaskan pelayanan yang tersedia, mengoreksi kesan yang salah, mengurangi kecemasan pembeli, dan membangun citra perusahaan.Ini biasanya dilakukan besar-besaranpada tahap awal suatu jenis produk.
Contoh Iklan Informatif Milik Speedy Sebagai berikut :



    Iklan Persuasif bertujuan membentuk permintaan selektif suatu merek tertentu.ini dilakukan pada tahap kompetitif dengan membentukpreferensi merk, mendorong alih merk, mengubah persepsi pembeli dan membujuk pembeli untuk membeli sekarang, dan membujuk pembeli menerima kunjungan penjualan.

     Iklan pengingat bertujuan mengingatkan konsumen pada produk yang sudah mapan dengan menunjukan bahwa produk tersebut mugkin akan dibutuhkan kemudian, mengingatkan dimana produk dapat dibeli, membuat pembeli tetap ingat produk itu walau tidak sedang musim, dan mempertahankan kesadaran puncak. Iklan Marlboro atau Coca-Cola tersebar di berbagai negara, baik dimajalah, televisi, dan media lainnya. Ini berfungsi mengingatkan konsumen membeli Marlboro atau Coca-Cola.

     Iklan penambah nilai bertujuan menambah nilai merek pada persepsi konsumen dengan melakukan inovasi, perbaikan kualitas, dan penguatan persepsi konsumen. Iklan yang efektif mnyebabkan merk dipandang lebih elegan, lebih bergaya, lebih prestesius, dan mungkin super dalam persaingan. Procter & Gamble mengunakan iklan "suatu investasi bank merk-modal".

     Iklan Bantuan Aktivitas Lain bertujuan membantu memfasilitasi usaha lain usaha lain perusahaan dalam proses komunikasi pemasaran, misalnya iklan yang membantu pelepasan promosi penjualan (Kupon), membantu wiraniaga(perkenalan produk), menyempurnakan hasil komunikasi pemasaran yang lain (konsumen dapat mengidentifikasi paket produk di toko dan mengenalnilai produk lebih mudah setelah melihat iklan).Iklan departeman Turisme Irlandia yang berjudul "Giant Causeaway"merupakan iklan yang membantu aktifitas lain, yaitu mencantumkan alamat di internet www.image-ireland.do. iklan buatan MMCA London tersebut mendapat penghargaan "Silver" di festifal periklanan Euro Effie 2003.

Friday 16 October 2015

Periklanan Dan Manajeman Iklan

     Periklanan adalah penggunaan media bayaran oleh seseorang penjual untuk mengkomunikasikan 
informasi persuit tentang produk (ide,barang,jasa) ataupun organisasi yang merupakan alat promosi yang kuat. Para pemasar Amerika menghabiskan 89 milyar dollar setiap tahunnya untuk iklan. Iklan mempunyai berbagai macam bentuk (nasional, regional, lokal:konsumen, industri, eceran; produk, merek, lembaga; dan sebagainya ) yang dirancang untuk mencapai berbagai macam tujuan(penjualan seketika, pengenalan merek, preferens, dan sebagainya).

     Di perusahaan kecil, iklan ditangani oleh orang di apartemen pemasaran atau penjualan yang bekerjasama dengan biro iklan sedangkan diperusahaan besar sudah ada departeman periklanan sendiri.
     Manajeman periklanan Merupakan proses 5 tahap yang dikenal dengan 5M : penetapan tujuan (Mission), Keputusan tentang anngaran(Money), Keputusan pesan(Message), penetapan media (Media), Dan Evaluasi tentang kampanye(Measurement). Gambar 0.01 menunjukan tahapan proses manajeman periklanan.


Gambar 0.01