Tuesday 20 October 2015

Anggaran Periklanan

     Anggaran iklan bisa di tetetapkan berdasarkan beberapa metode yang bisa di belanjakan, yakni metode kemampuan, metode persentase anggaran penjualan, metode anggaran para pesaing, metode tujuan dan fungsi iklan, atau model keputusan lain yang lebih rumit.
   
     Metode sesuai kemampuan adalah metode menetapkan anggaran periklanan berdasarkan kemampuan perusahaan. Berapa rupiah perusahaan mempunyai uang untuk iklan, itulah yang dibelanjakan untuk iklan. Metode ini mengabaikan peran iklan sebagai investasi dan berpengaruh langsung pada volume penjualan. Cara ini menyebabkan penyusunan anggaran iklan tahunan tidak menentu yang menyababkan perencanaan iklan jangka panjang sulit dilakukan. Penggunaan metode presentasi anggaran penjualan. Perusahaan menetapkan anggaran iklan merk secara sederhana dengan menetapkan anggaran sebagai presentase volume penjualan yang lalu(misalnya tahun lalu) atau terantisipasi(misalnya tahun yang akan datang). survei dari 100 pengiklan top barang konsumen di Amerika ditemukan hampir 50% menggunakan persentase terantisipasi dan 20% menggunakan persentase tahun yang lalu. ini menunjukan bahwa penetapan anggaran lebih berdasarkan pada anggaran terantisipasi dari pada anggaran yang lalu.

     Metode Anggaran para pesaing ialah menetapkan anggaran  berdesarkan berapa besar pesaing membelanjakan. Perusahaan membelanjakan 10% di bawah pesaing, tetapi tahun depan dapat sama dengan belanja pesaing atau bahkan lebih. Contohnya Kasus 3M(Minnesota Mining & Manufaturing) ketika mengenalkan papan sabun wool baru "Scotch Brite Necer Rust" untuk bersaing dengan merk S.O.S dan Brillo, Brillo merupakan pruduk super dikenal sejak tahun 1917. 3M membelanjakan untuk iklan di atas Brillo senilai 30 juta dolar pada saat peluncuran, pada tahun perkenalan,

     Metode Sasaran dan Fungsi ialah menetapkan anggaran berdasarkan sasaran spesifik, fungsi yang harus dilakukan untuk mencapai sasaran tersebut, dan memperkirakan biaya untuk melaksanakan  fungsi tersebut. Jumlah biaya tersebut merupakan anggaran periklanan yang di usulkan.

    Contohnya iklan Clear menggunakan langkah-langkah seperti berikut:

  • Menentukan posisi pasar yang diinginkan (50 Produk potensial, menetapkan sasaran 8% dari pasar itu atau 4juta)
  • Menentukan presentase pasar yang di jangkau iklan clear (80% atau 40jt calon pembeli)
  • Menentukan calon yang sadar, yang akan di pengaruhi untuk mencoba clear (25% atau 10jt, 40% dari yang mencoba, memakai atau 4jt yang memakai)
  • Menentukan jumlah pengaruh iklan per 1% tingkat percobaan(40 tampilan untuk setiap 1% populasi akan menghasilkan 25% tingkat percobaan produk)
  • Menentukan jumlah poin peringkat bruto yang harus dibeli(Poin peringkat bruto adalah tampilan iklan untuk 1% populasi, untuk 40 tampilan agar mencapai 80% populasi, maka harus dibeli 3200 poin peringkat bruto)
  • Memutuskan anggaran periklanan yang diperlukan berdasarkan rata-rata biaya untuk membeli satu poin bruto (1 iklan pada 1% populasi sasaran membutuhkan biaya $3.277, maka 3200 poin butuh $10,486,400) 
     keunggulan metode ini adalah dapat menjelaskan asumsi-asumsi mengenai dana belanja dengan tingkat tampilan iklan, tingkat percobaan produk, dan pemakai produk secara teratur.

 Keputusan Pesan
     Dibutuhkan strategi kreatif untuk memilih pesan. Ini melewati tahap pembentukan, evaluasi , seleksi ,dan pelaksanaan pesan. Pembentukan pesan tentang suatu produk pada prinsipnya merupaka manfaat pertamayang ditawarkan merk sebagai pengembangan konsep produk. Pesan iklan harus dapat disampaikan secara kreatif, bahkan kreatifitas ini lebih penting dari pada jumlah uang yang dikeluarkan.  Iklan yang dibuat oleh Crispin Porter Bogusky yang bejudul “Laugh”, mendapatkan penghargaan Gold pada Festival OnShow 2003 untuk kategori iklan majalah tampak pada Gambar Berikut


     Kreatifitas dalam periklanan adalah proses dari beberapa tahap, meliputi persiapan, inkubasi, illuminasi, verifikasi, dan revisi. sumber variasi informasi tersedia untuk membantu spesialis kratif untuk menentukan tema kampanye, appeal, atau gaya eksekusi.
      pengembangan strategi kreatif dituntun oleh tujuan dan sasaran serta didasari sejumlah faktor meliputi peserta target, masalah dasar periklanan harus beralamat, dan sasaran pesan. Suatu bagian penting strategi kreatif adalah menentukan ide penjualan utama yang akan menjadi temapusat kampanye periklanan.

0 Comment:

Post a Comment